Rabu, 26 Oktober 2011

Desain Komunikasi Visual Univ. Esa Unggul

Peranan pendidikan desain menjadi bagian penting dalam perkembangan industri kreatif, guna menjawab tantangan global saat ini dan masa depan. Di Desain Komunikasi Visual anda bisa merancang desain commercial & promotion for print media & electronic, above the line and below the line. Dengan metode belajar praktikum, mahasiswa diajarkan cara membuat film, mulai dari story board, pengambilan gambar, hingga pengeditan, photography untuk desain periklanan produk dan jasa, fashion, arsitektur, dan jurnalistik.

DKV Universitas Esa Unggul mencetak Desainer Komunikasi Visual yang matang dalam konsep dan desain yang up to date. Mahasiswa dipacu untuk jadi kreatif, baik dalam melakukan setiap aktifitas perkuliahan dengan fasilitas dan suasana akademik yang sangat memadai, mengarahkan networking untuk masa depan serta siap menjadi desainer bidang Desain Film dan TV, Desain Printing, Desain Pameran, Desain Multimedia dan Desain Ilustrasi yang handal.

Pilihan Peminatan
- Desain Film TV
- Desain Cetak
- Desain Pameran
- Desain Multimedia
- Desain Ilustrasi

Visi

Menjadi salah satu penyelenggara Pendidikan Tinggi Desain Komunikasi Visual terbaik di Indonesia dengan keahlian dibidang Desain Film dan TV, Desain Printing, Desain Pameran, Desain Multimedia dan Desain Ilustrasi, yang memiliki wawasan global dan berjiwa wirausaha.

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran Desain Komunikasi Visual yang terbaik dalam mutu, kepeloporan pengembangan kewirausahaan dan memiliki wawasan global.
  2. Mengembangkan ilmu pengetahuan yang berwawasan global dan adaptif terhadap perubahan melalui kegiatan penelitian.
  3. Memberikan sumbangan pemikiran yang bermanfaat bagi lingkungan dan kesejahteraan umat serta membantu dalam memecahkan permasalahan yang ada di masyarakat.
     
Tujuan

  1. Menghasilkan kualitas lulusan yang semakin baik serta meningkatnya pengakuan masyarakat dan apresiasi akan lulusan Program Studi Desain Komunikasi Visual.
  2. Kepuasan mahasiswa dan stakeholders semakin baik.
  3. Menghasilkan lulusan yang mampu menjadi pelopor dalam memecahkan masalah dan mengambil keputusan, bermental wirausaha dan mempunyai wawasan global.
  4. Menghasilkan lulusan yang mengedepankan obyektivitas dalam pemecahan masalah dan pengambilan keputusan (kepemimpinan basis ilmiah), memahami pentingnya waktu (disiplin), dan pentingnya peranan orang lain (kerjasama).
  5. Menghasilkan karya ilmiah yang relevan dalam bidang Desain Film dan TV, Desain Printing, Desain Pameran, Desain Multimedia dan Desain Ilustrasi.
     
Proses Pembelajaran:


  1. Masa Orientasi Mahasiswa baru diawali dengan pembekalan softskill (training: ESQ, leadership, entrepreneur, communication, dan self confidence)
  2. Kurikulum 3,5 tahun (7 semester normal, 3 semester pendek)
  3. Progam Bahasa Inggris secara komperehensif (TOEFL & TOEIC)
  4. Kemajuan belajar mahasiswa dievaluasi berdasarkan sistem evaluasi kemajuan belajar yang meliputi ujian tengah semester, ujian akhir, kuis, dan penyelesaian tugas rumah dan praktikum
  5. Pembelajaran berbasis Hybrid Learning (intranet dan internet sebagai alat komunikasi antar dosen dan mahasiswa dalam aplikasi materi ajar, pemberian tugas, dan referensi
  6. Praktikum di Laboratorium dengan fasilitas terbaik
  7. Bimbingan Akademik
  8. Mengadakan Kuliah Umum dan Dosen Tamu dari pakar dan praktisi profesional
  9. Mengadakan Seminar, Lokakarya, Pelatihan dan Diskusi interaktif
  10. Ekstrakulikuler melalui Unit Kegiatan Mahasiswa
  11. Praktek Kerja Lapangan di perusahaan nasional dan multinasional.
 Mitra Kerjasama dalam Kurikulum dan Praktek Mahasiswa :
- Gakken Co.
- Ltd
- Pusat Desain Nasional
- PT. Joey Sasmita Lencana
- PT. Multi Alas Sukses
- PT. Pratama Abadi Industri
- PT. Arga Bangun Bangsa
- Art Graphic
- Ben WILSON
- PT. LGEIN
- PT Desain Teknik ADPI Jakarta